Feb 19, 2011

KODE SOAL: 1K (Soal Kamis Pertama)

1. Apa yang saudara ketahui tentang Manajemen?

• Pengertian manajemen menurut tokoh :

 1. Pengertian Manajemen Menurut James A.F. Stoner
Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.

2. Pengertian Manajemen Menurut Mary Parker Follet
Manajemen adalah suatu seni, karena untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain dibutuhkan keterampilan khusus.

• Pengertian Manajemen menurut pendapat saya
  * Manajemen Adalah suatu cara dimana terdapat proses perencanaan, perhitungan, dan pengaturan dalam melekukan suatu tindakan maupun pekerjaan untuk mencapai tujuan yang di inginkan.

2. Sebutkan dan Jelaskan Fungsi-fungsi Manajemen?


Fungsi Manajemen dibagi menjadi 3*, Yaitu :


A. Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.


B. Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus diambil.


C. Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha
*. Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen


3. Sebutkan Faktor-faktor produksi (sumber-sumber) Organisasi & Metode:


* Faktor-faktor produksi (sumber-sumber) Organisasi & Metode antara lain :
• Manusia atau Tenaga Kerja (Man/Man Power)
• Uang atau Biaya (Money)
• Bahan-bahan atau Material (Materials)
• Mesin dan Peralatan (Mechines & Equipment)

4. Apakah Manajemen, Organisasi serta Metode mempunyai kaitan dan hubungan, jelaskan menurut pendapat saudara!


* Hubungan metode dengan manajemen yaitu metode merupakan sub dari manajemen karena sebagian besar rancangan manajemen merupakan metode (gagasan yang diimplementasikan/dipraktikan dalam kehidupan nyata), Manajemen tanpa metode hanya laha sebuh gagasan yanag tidak bentuk, jadi sebuah gagsan yang baik, memiliki azas-azas metode, dengan memenuhi azas tersebut gagasan dapat dikatakan metode yang merupakn bagian ari kegiatan manajemn, contoh metode: metode pertanian, metode pemasaran, metode kepeminpine, dengan kata lain metode adalah suatu gagsan yang terstruktur dalam suatu bidanag yanag merupakan sub dari kegiatan suatu organisasi.



No comments:

Post a Comment