Nov 10, 2010

Bad mood? Ini dia Solusinya. .

Apakah anda pernah mengalami saat dimana anda tidak berseangat untuk melakukan apapun?
atau pernahkah anda mengalami saat dimana tubuh anda terasa begitu lemas, bahkan untuk mengangkat jari saja terasa begitu berat?
Tenang, jangan panik, ,mungkin itu hanyalah salah satu efek dari badmood.


Dalam tulisan ini, saya ingin berbagi tips dan trik untuk mengatasi situasi tersebut.
mari kita mulai !!




1. Pompa energi anda dengan meningkatkan aktivitas sehari-hari
Meningkatkan level aktivitas bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Saat menerima telepon misalnya, jangan hanya duduk dan diam. Berdirilah atau lakukan jalan-jalan kecil. Jika ada tangga, mengapa harus menggunakan elevator?? Manfaatkan fasilitas yang bisa membantu Anda, memompa energi lebih kuat lagi. Atau, berjalanlah 10 menit di sela-sela waktu kerja yang Anda lakukan.


2. Berjalan kaki di alam yang terbuka
Sempatkanlah berjalan kaki di alam yang terbuka. Jangan pernah mengurung diri di kamar atau ruangan saja. Dalam suatu Penelitian menunjukkan, cahaya alami dari luar ruangan menstimulasi otak yang bisa meningkatkan mood.


3. Berkomunikasi dengan lingkungan sekitar
Lakukanlah komunikasi dengan teman lama anda, melalui surat elektronik, atau apa pun fasilitas yang nyaman bagi Anda. Atau, jalinlah hubungan dengan teman-teman baru. Membangun ikatan emosi dengan orang lain membuat suasana hati anda akan lebih positif. Anda tak hanya sedang memoles keramahan diri, tetapi juga membuat orang lain lebih ramah kepada diri Anda. Dengan menjalin komunikasi, Anda juga memperkuat emosi dan kehangatan persahabatan dengan orang lain. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih bahagia.


4. Singkirkan pekerjaan yang menyebalkan untuk anda
Untuk Sementara waktu, tinggalkan semua jadwal dan tugas yang hanya akan memperburuk mood anda. Misalnya, masalah seputar asuransi yang harus Anda selesaikan, membeli sejumlah kebutuhan yang memusingkan Anda, atau mengatur jadwal ulang janji bertemu seseorang untuk urusan tak menyenangkan yang tidak terlalu penting. Meninggalkan sejumlah tugas  yang tak menyenangkan untuk sementara waktu akan memberikan kesenangan yang bisa memperbaiki mood Anda.


5. Lakukanlah pekerjaan yang berbeda dari biasanya
Ciptakan suasana baru di rumah  anda. Saat bosan  dengan rutinitas, ciptakanlah kegiatan baru yang jarang atau tak pernah Anda lakukan. Misalnya, jika biasanya pekerjaan berbenah dapur sepenuhnya menjadi tanggung jawab pembantu rumah tangga, maka ambil alih sementara. Cukup 10 menit saja, lakukanlah pekerjaan asing yang jarang Anda lakukan.


6. Berbuat baiklah untuk orang lain
Saat seorang teman meminta bantuan Anda dalam mencari informasi tertentu, segerakan ambil kesempatan ini. Perkenalkan;ah ia dengan teman Anda yang bisa membantunya mendapatkan informasi tersebut. Melakukan sesuatu hal yang berguna membuat Anda lebih merasa positif.


7. Selamatkanlah hidup seseorang
Tak sulit untuk menjadi pahlawan. Mendonorkan darah misalnya menjadi salah satu cara untuk  meyelamatkan orang lain. Santunan darah dari Anda bisa menyelamatkan nyawa orang lain. Melakukan sesuatu yang berharga akan membuat Anda merasa lebih berharga.


8. Tunjukkanlah bahwa Anda bahagia dengan senyuman
Senyuman dapat meningkatkan mood Anda. Selain itu, wajah yang selalu dihiasi senyuman memberikan kesan bahwa Anda dapat bersahabat dan mudah bergaul.


9. Mempelajari hal baru di hidup anda
Pilihlah subyek yang memancing rasa ingin tahu Anda. Manfaatkan waktu 15 menit saja untuk mencari informasi di internet atau menikmati waktu untuk membaca. Atau bahkan pergilah ke toko buku, belilah buku yang bisa memuaskan rasa ingin tahu Anda. Pilihlah topik yang Anda sukai dan menyenangkan, bukan topik yang Anda tidak butuhkan atau tidak harus Anda ketahui.(kompas.com)






sumber :http://takunik.blogspot.com/2010/10/9-cara-perbaiki-mood-dalam-30-menit.html

1 comment:

  1. Terima kasih tipsnya ya. Aplikatif. Bisa diterapkan-lah, untuk saya yang hari ini sedang bad mood ;)

    ReplyDelete